Sabtu, 28 Juli 2012

Mitos Mata Kedutan

Pernah mengalami kedutan? Pastinya. Seringkali kedutan ini terjadi di bagian mata, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk terjadi di bagian tubuh manapun.

Uniknya, banyak berseliweran tanggapan tentang Makna Kedutan. Ada yang menganggapnya sebuah pertanda, ada juga yang menampiknya sebagai kegiatan saraf saja, atau ada juga yang menilai sebagai petunjuk awal sebuah keganjilan tubuh. Membuktikan bahwa kejadian sekecil apapun, khususnya kedutan, ditanggapi dengan berbagai ragam pemikiran manusia.

Mitos Makna Kedutan Sebagai Pertanda
Banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat awam tentang makna kedutan. Kedutan dianggap sebagai pertanda tergantung dari letak kedutan. Misalnya ketika terjadi kedutan di tengkuk. Beberapa orang meyakininya sebagai pertanda bahwa orang tersebut akan mendapatkan pasangan yang kaya. Atau saat perut sebelah kanan mengalami kedutan, maka orang tersebut akan mendapatkan uang yang berlimpah.

Pertanda ini tidak hanya tergantung dari letak kedutan, tetapi juga jam berapa hal tersebut terjadi. Ada beberapa kepercayaan, jika kedutan berlangsung pada pukul 11.00-13.00 dan terletak di mata sebelah kiri, maka yang bersangkutan akan segera mendapatkan makanan dan minuman lezat. Atau kejadian kedutan berlangsung pada pukul 21.00-23.00, dan mengenai mata sebelah kanan, maka dihimbau agar berhati-hati karena akan berhadapan dengan perkara hukum.

Apakah Anda tertawa membaca mitos-mitos tersebut? Bisa jadi Anda akan terbahak, tetapi bisa juga memandang serius. Semua tergantung dari kepercayaan Anda dengan mitos-mitos tersebut. Karena tidak dipungkiri bahwa mitos tersebut telah berlangsung lama, dan diturunkan dari generasi ke generasi,

Jadi, Sebenarnya Kedutan Itu Apa?
Jika Anda cermati, kedutan seringkali terjadi dalam jangka waktu yang pendek-pendek, tetapi ternyata ada juga jenis kedutan yang berlangsung dalam waktu yang relatif lama. Hal ini sangat berhubungan saraf Anda. Semakin panjang intensitas waktu terjadi kedutan, kemungkinan besar semakin buruk kondisi dari saraf Anda.

Istilah medis dari kedutan adalah Blepharospasm (Beb), yang artinya gangguan akibat adanya kontraksi otot yang di luar kendali. Secara medis, kedutan itu adalah petunjuk bahwa tubuh Anda sedang mengalami kelelahan atau stress. Seorang penulis buku berjudul ‘Create The Body Your Soul Desires, bernama Dr. Karen Wolfe, menyatakan bahwa kedutan merupakan awal mula seseorang mengalami gangguan.

Solusi Kedutan Apa Donk?

Walaupun gangguan kedutan seringkali tergolong ringan,  Anda harus menindak-lanjuti ‘sinyal’ tubuh sebelum menjadi lebih berat. Bukankah mengatasi yang kecil, lebih mudah daripada yang besar?

Beberapa hal yang diperkirakan dapat mengatasi kedutan, antara lain:
  1. Memperbanyak istirahat
  2. Mengurangi minuman yang mengandung kafein
  3. Menjaga asupan makanan,
  4. Jika kedutan sedang berlangsung, Anda dapat mengompres bagian  yang terkena kedutan dengan air hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar