Rabu, 04 Juli 2012

Tips Meng-Up-Grade Motherboard Komputer


Bisakah komputer di-up-grade? Mungkin pertanyaan tersebut pernah muncul dalam benak kalian. Pada dasarnya, up-grade atau meningkatkan kemampuan komputer bisa dilakukan. Namun, sebelum kalian meng-up-grade komputer, kalian perlu mengetahui spesifikasi hardware komputer kalian. Dan sesuai dengan judul postingan diatas, pada pagi hari ini saya akan membagi beberapa tips sederhana dalammeng-up-grade motherboard sebuah komputer. Yuk disimak.

Periksa spesifikasi motherboard secara detail. Hal ini diperlukan untuk mengetahui komponen apa saja yang dapat di-up-grade. Selain itu, kalian juga perlu memeriksa apakah motherboard mendukung (support) terhadap kompinen yang akan di-up-grade.

  • Untuk meng-up-grade RAM, perhatikan slot RAM yang tersisa atau masih bisa digunakan untuk menambah memory RAM.
  • Untuk meng-up-grade VGA Card, perhatikan jenis slot yang digunakan VGA. Sebelumnya, baca buku manual motherboard. Kenali secara seksama jenis slot (PCI, AGP, ISA) yang ada. Untuk model slot AGP, apakah tipe AGP 1x, AGP 2x, atau AGP 4x.
  • Untuk meng-up-grade processor, pastikan motherboard mendukung teknologi processor yang diinginkan. Jika tidak, satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mengganti motherboard. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah motherboard yang akan dibeli (baru) harus mendukung kecepatan BUS processor yang diinginkan. Apabila (ternyata) motherboard sudah mendukung teknologi processor yang diinginkan, berarti processor yang akan dibeli (baru) harus mendukung kecepatan BUS motherboard. Agar proses up-grade berhasil, kecepatan BUS processor dan motherboard harus sama dan kedua gardware tersebut harus saling mendukung secara teknologi.

Begitulah kira-kira yang dapat saya sampaikan tentang beberapa tips sederhana dalam meng-up-grade sebuah motherboard komputer. Untuk lebih spesifikasi mengenai detailnya kalian bisa bewrtanya secara langsung saat kalian membelinya ke teknisi toko. Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar